Dismenore – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Apa yang dimaksud dismenore? dismenore satu diantara sisi yg paling umum serta mengganggu sebelum atau sepanjang periode menstruasi. Beberapa wanita mencapainya dengan teratur. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik Anda kenal tanda-tanda serta pemicu dismenore. Ada 2 jenis dismenore, ialah dismenore primer serta sekunder.

Dismenore primer adalah nama lain dari kram menstruasi yg biasa berlangsung. Kram kebanyakan berlangsung pada satu atau dua hari sebelum seseorang wanita memperoleh menstruasi.

Ngilu kebanyakan merasa di perut bawah atau punggung, dapat ngilu mudah hingga sampai ngilu berat. Kram menstruasi kerap mulai sejenak sebelum atau pada awal periode serta terus berbuntut satu hingga sampai tiga hari. Ngilu dapat menyusut bersamaan menambahnya umur wanita serta bisa berhenti seluruhnya seusai wanita miliki bayi pertamanya.

Dismenore sekunder ialah ngilu yg diakibatkan oleh masalah pada organ reproduksi wanita. Kram ini kebanyakan mulai lebih dini dalam siklus menstruasi serta berjalan lebih lama dari kram menstruasi.

Pemicu dismenore ialah berlangsungnya kontraksi otot di rahim. Apabila kontraksi rahim begitu kuat, hal semacam itu bisa menghimpit pembuluh darah di dekatnya, memangkas persediaan oksigen ke jaringan otot rahim.

Sepanjang periode menstruasi, dinding uterus menghasilkan hormon yg dikatakan prostaglandin. Hormon ini mengakibatkan uterus berkontraksi serta kerapkali menyebabkan rasa sakit. Wanita dengan banyaknya prostaglandin yg lebih dari normal bisa alami keram. Ngilu berlangsung sewaktu sisi dari otot kehilangan persediaan oksigen sepanjang sekian hari.

Seiring waktu, sewaktu keadaan hormon telah mulai konstan, jadi kram menstruasi ini dapat berhenti. Tetapi, untuk dismenore sekunder ada pemicu lain contohnya:

Dismenore sekunder bisa juga berlangsung seusai mekanisme medis, seperti kauter, cryotherapy, konisasi, radiasi, biopsi endometrium, atau pemasangan AKDR (IUD).

Beberapa gejala dismenore atau kram menstruasi mencakup:

Sewaktu kram yg kritis, tanda-tanda mungkin termasuk juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *