Hati-Hati Dalam Mengorek Kuping

Telinga yang terasa gatal atau penuh dengan kotoran semestinya sangat nikmat kalau kita korek atau membersihkan. Dengan memakai cotton bud, kita dapat dengan gampang mengorek kuping serta bersihkan telinga. Sayangnya, di balik rasa nikmat kala mengorek kuping dengan cotton bud ini, kita dapat mendapat resiko negatif untuk kesehatan telinga, ditambah lagi kalau kita masukkan cotton bud terlampau dalam.

Kotoran telinga yang ingin kita membersihkan sesungguhnya ialah serumen, suatu zat yang miliki bentuk seperti lilin dengan warna kuning sampai kecoklatan. Memang, dalam sekian hari kotoran telinga ini dapat penuhi lubang telinga sampai mengganggu pendengaran atau sedikitnya bikin rasa gatal. Sayangnya, pemanfaatan cotton bud buat keluarkan kotoran telinga melalui langkah yang tak benar bisa juga bikin masalah pendengaran yang makin lebih fatal.

Kerap kita menggerakkan cotton bud terlampau dalam atau terlampau keras sampai bukannya bersihkan kotoran telinga ini, kotoran ini malahan dapat menyudutkan gendang telinga. Kala kotoran ini melekat atau bahkan juga menghimpit gendang telinga, jadi gendang telinga yang harusnya tangkap getaran nada tidak dapat bergetar sekali-kali sampai pendengaran kita akan punyai masalah. Dalam sejumlah masalah, kalau kita menghimpit cotton bud terlampau dalam, jadi aliran atau gendang telinga malahan dapat rusak serta dapat mengakibatkan kehancuran pendengaran dengan permanen.

Ahli kesehatan dari Oxford University Hospitals mengatakan kalau sesungguhnya telinga kita telah memilliki proses alami buat bersihkan telinganya sampai pembersihan menggunakan cotton bud sesungguhnya tidak usah dilaksanakan, serta malahan dapat membahayakan situasi kesehatan telinga kita. Seandainya kita alami permasalahan pada pendengaran lantaran banyaknya kotoran terlalu berlebih pada telinga, bukannya membersihkannya sendiri, alangkah lebih baik kita mendatangi dokter THT buat mendapat pembersihan yang makin lebih aman tidak ada risiko kehancuran pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *