Priapismus – Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Priapismus yaitu ereksi penis yang berkelanjutan. Ereksi yang terjadi tak henti berjam-jam seusai atau mungkin tidak diakibatkan oleh rangsangan seksual. Priapisme berkelanjutan ini kebanyakan menyakitkan.

Sesaat Ereksi tidak bisa berlangsung bila tidak ada saluran darah yang cukup. Saat satu orang lelaki terangsang, pembuluh darah arteri di panggul serta penis rileksasi serta melebar, bawa semakin banyak darah supaya dapat menakutkan penis. Pada kala yang sama, katup pembuluh darah vena tutup, hingga darah yang terkumpul di penis terjebak (tidak kembali langsung ke jantung) hingga penis jadi membesar serta ereksi. Seusai ereksi usai, katup dari pembuluh darah vena terbuka, lalu saluran darah mengalir keluar, serta penis kembali pada ukuran sebelumnya.

Saluran darah yang tidak normal bisa membuat priapismus, yakni satu ereksi yang berlangsung sedikitnya 4 jam, kebanyakan pasien dapat merasakan ngilu, serta bisa berlangsung tidak ada satu rangsang seksual. Priapismus berlangsung pada pria dari semua umur, termasuk juga bayi.

Priapismus mempunyai 2 jenis pokok:

Priapismus iskemik atau saluran perlahan-lahan: Jenis ini berlangsung saat darah terprangkap di area ereksi. Tidak ada pemicu yang pasti, tapi soal ini bisa menyerang pria dengan penyakit sel sabit (sel darah merah berwujud seperti sabit), leukimia (kanker darah), atau malaria. Bila Anda tidak dapatkan perlakuan selekasnya, soal ini bisa membuat disfungsi ereksi permanen
Priapismus non-iskemik atau saluran cepat: Jenis ini lebih jarang-jarang ketimbang yang saluran perlahan-lahan, serta kebanyakan tidaklah terlalu ngilu. Soal ini seringkali berlangsung saat berlangsung luka pada penis, atau wilayah di antara skrotum serta anus, yang dikatakan perineum, mempunyai pembuluh darah yang pecah, yang menghindar darah di penis tidak bisa bergerak normal.
Pemicu Priapismus
Ereksi kebanyakan berlangsung jadi tanggapan pada rangsangan fisik atau psikologis. Stimulasi ini membuat pembuluh darah spesifik serta otot-otot halus untuk santai atau mengembang, tingkatkan saluran darah ke jaringan-jaringan yang bertonjolan di penis. Menyebabkan, penis yang dipenuhi darah berubah menjadi ereksi. Seusai stimulasi selesai, darah mengalir keluar serta penis kembali pada situasi tidak kaku.

Priapismus berlangsung saat bagian-bagian dari metode ini – darah, pembuluh darah, otot polos atau saraf – membuat perubahan saluran darah normal. Sesudah itu, ereksi berbuntut. Sesaat pemicu priapismus mungkin pastinya, beberapa situasi dipercaya mainkan andil.

Beberapa ilmuwan berpikir seputar 42 % pria dengan penyakit anemia sel sabit dapat mengalai priapismus dalam suatu waktu.

Banyak pria dapatkan situasi priapismus saat mereka memanfaatkan atau menyelewengkan beberapa tipe obat. Obat-obatan yang bisa membuat priapism mencakup obat stres trazodone HCL (Desyrel), atau chlorpromazine (Thorazine), yang dimanfaatkan untuk beberapa penyakit mental. Pil atau suntikan yang sebagai obat disfungsi ereksi dapat juga membuat priapismus.

Pemicu yang lain:

Luka pada saraf tulang belakang atau wilayah genital
Gigitan laba-laba black widow serta sengatan kalajengking
Keracunan karbon monoksida
Memanfaatkan narkoba seperti ganja serta kokain
Ini jarang ada, namun priapismus bisa berlangsung lantaran kanker yang pengaruhi penis serta menghindar darah mengalir keluar dari wilayah itu.

Tanda-tanda Priapismus
Tanda-tanda banyak variasi bergantung pada style priapismus. Dua style priapismus pokok yaitu priapismus iskemik serta non-iskemik.

Priapismus iskemik
Priapismus iskemik, pun dikatakan priapismus saluran rendah, yaitu dari hasil darah yang tidak bisa tinggalkan penis. Ini yaitu style priapismus yang lebih umum. Isyarat serta tanda-tanda termasuk juga:

Ereksi terjadi lebih dari empat jam atau mungkin tidak berkaitan dengan animo atau rangsangan seksual
Batang penis penis kaku, tapi ujung penis (glans) lembut
Ngilu penis progresif
Priapismus berulang-ulang atau gagap, satu bentuk priapisme iskemik, yaitu situasi yang tidak umum. Ini sangat sering berlangsung pada laki laki yang mempunyai masalah turunan yang diikuti oleh beberapa sel darah merah berwujud abnormal (anemia sel sabit). Sel sabit bisa menyetop pembuluh darah di penis. Priapisme berulang-ulang melukiskan episode berulang-ulang ereksi berkelanjutan serta seringkali termasuk juga episode priapisme iskemik. Dalam beberapa masalah, situasi ini mulai dengan ereksi yang tidak dibutuhkan serta menyakitkan dengan tempo yang pendek serta bisa berkembang dari hari ke hari untuk ereksi yang sangat sering serta lebih lama.

Priapisme non-ekhemis
Priapismus non-iskemik, dikenal juga jadi priapismus saluran tinggi, berlangsung saat saluran darah penis tidak dirapikan dengan pas. Priapisme non-iskemik kebanyakan tidak memunculkan rasa sakit. Isyarat serta tanda-tanda termasuk juga:

Ereksi terjadi lebih dari empat jam atau mungkin tidak berkaitan dengan animo atau rangsangan seksual
Batang penis penis tegak, tapi seluruhnya tidak kaku
Penelitian Priapismus
Bila Anda berpikir Anda mungkin mempunyai priapismus, Anda butuh dapatkan perawatan medis selekasnya mungkin. Dikter mungkin bisa ajukan pertanyaan pada Anda:

Berapakah lama Anda udah ereksi?
Berapakah lama kebanyakan saat Anda berereksi?
Apa obat-obatan, legal atau ilegal, yang sudah dimanfaatkan?
Apa priapismus berlangsung seusai satu luka?
Dokter Anda dapat mengevaluasi histori kesehatan Anda serta lakukan kontrol fisik keseluruhan untuk cari tahu apa yang membuat permasalahan Anda. Dokter dapat mengecek rektum serta perut untuk tiap-tiap sinyal tanda kanker. Anda pun mungkin butuh menjumpai satu orang pakar urologi untuk tes skrining lebih, termasuk juga:

Tes darah
Tes pencitraan yang dikatakan USG Doppler berwarna, yang memperlihatkan saluran darah dalam penis Anda
X-ray dikatakan arteriogram yang mengetahui pewarna yang disuntikkan oleh dokter awal kalinya ke pembuluh darah arteri
Sebagai obat Priapismus
Arah perlakuan yaitu untuk menyingkirkan priapismus serta menghindar disfungsi ereksi. Pilihan perlakuan mencakup:

Kompres es: Kompres es bisa turunkan pembengkakan untuk priapismus saluran cepat
Ambil darah: Seusai dokter menganestesi atau bikin penis Anda mati rasa, dokter dapat memanfaatkan jarum untuk ambil darah kurangi desakan serta pembengkakan pada penis
Obat-obatan: Untuk priapismus saluran perlahan-lahan, dokter bisa menyuntikkan obat yang dikatakan agonis-alfa ke penis Anda. Obat ini bikin pembuluh darah menyempit, hingga darah ke wilayah penis menyusut serta kurangi pembengkakan. Obat ini bisa ada berbentuk pil atau suntikan, hingga langkah pemberian obat ini tidak mesti selalu disuntikkan
Menutup pembuluh darah arteri: Satu orang dokter dapat menyetop pembuluh darah yang membuat permasalahan, langkah ini dikatakan embolisasi arteri. Dokter terkadang menggunakan untuk priapismus saluran cepat
Mengikat mati pembuluh darah arteri: Saat arteri pecah membuat priapismus, dokter dapat lakukan operasi untuk mengikat mati pembuluh darah arteri itu, dikatakan ligasi bedah. Ini pula dijalankan untuk menanggulangi priapismus saluran cepat
Bedah shunt: Dokter dapat bikin satu jalan hingga penis sangat mungkin untuk menyalurkan darahnya. Ini yaitu langkah yang terunggul untuk priapismus saluran rendah, tapi satu orang terhindar dari kemungkinan disfungsi ereksi di masa datang.
Bila berpikir Anda mempunyai priapismus, jangan berusaha untuk mengobatinya sendiri. Sebaliknya, temukan perawatan kritis selekasnya mungkin. Banyak orang pulih seluruhnya saat mereka dapatkan perawatan dalam sekejap. Namun makin lama Anda pergi tidak dengan perawatan medis, makin besar kemungkinan kekal permasalahan dapatkan ereksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *